728x90 AdSpace


  • Latest News

    5 January 2019

    Penurunan Pajak Alat Kesehatan dan Obat akan diperjuangkan BPN Prabowo



    Juru Bicara Spesialisasi Kesehatan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dede Yusuf akan berjuang menurunkan pajak alat kesehatan dan bahan baku obat. Hal tersebut bisa direalisasikan dengan menghilangkan kategorisasi barang mewah pada alat kesehatan dan obat.

    "Itu pajaknya sebisa mungkin direndahkan dan tidak masuk kategori barang mewah," ujar Dede kepada Tirto, Jumat (4/1/2019) malam.

    Selama ini, kata Dede, kedua barang tersebut masih dijadikan kategorisasi barang mewah, sebab harganya dapat mencapai puluhan miliar rupiah. Sehingga, dampaknya masyarakat merasa terbebani.

    "Mestinya alat kesehatan dan obat tidak dipajak barang mewah, kalau bisa rendah sekali atau kita hilangkan dengan peraturan khusus. Supaya Rumah Sakit, Klinik, mendapatkan perawatan layak," ucapnya.

    Selain itu, BPN juga akan menyiapkan alokasi anggaran untuk meng-cover para peserta BPJS Kesehatan. Anggaran tersebut, kata Dede, didapat dari penerimaan dana bukan pajak.

    "Misalnya seperti cukai, rokok, macam-macam lainnya bisa digunakan. Karena nilai cukai kita itu Rp150 triliun, dari pajaknya aja 10 persen jadi Rp15 triliun. Artinya ada alokasi yang jelas," terangnya.

    Namun, ia menyayangkan karena data pajak tidak dikelola oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), tapi data dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos), meskipun yang melaksanakannya adalah BPJS.

    "Ini koordinasi antar lembaganya masih kurang bagus," ungkap Dede Yusuf.




    sumber https://tirto.id/bpn-prabowo-akan-perjuangkan-penurunan-pajak-alat-kesehatan-amp-obat-ddpS
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Mohon untuk mengirimkan komentar yang bijak . Segala komentar yang dapat menyinggung SARA, berkaitan dengan pornografi, iklan ataupun kalimat provokatif akan dihapus. Terima kasih hormat kami Admin

    Item Reviewed: Penurunan Pajak Alat Kesehatan dan Obat akan diperjuangkan BPN Prabowo Rating: 5 Reviewed By: Mata Tangsel
    Scroll to Top